Selasa, 26 November 2013

Kiat Sukses dalam Menghadapi Sidang Skripsi

Sidang skripsi merupakan akhir yang ditunggu tunggu oleh manusia dan menjadi suatu hal yang cukup menakutkan dimata para mahasiswa. Tapi tidak ada kata tidak mungkin didunia ini, maka kita harus menyiapkan segala sesuatunya dengan matang agar dapat hasil yang memuaskan dan juga menekan emosi rasa takut kita karena kita telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapinya. Berikut adalah kiat saya untuk menghadapi sidang skripsi yang sebentar lagi menanti di depan mata.

1.       Mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Cara ini agar kita dapat tenang bahwa kita yakin Tuhan selalu ada disisi kita untuk membantu kita, dan kita percaya bahwa Tuhan tidak akan memberi ujian yang hamba-Nya tidak mampu untuk melaluinya.
2.       Mulailah mencari tahu materi pelajaran apa yang disukai oleh diri sendiri. Cara ini adalah cara kecil yang dapat berdampak positif dalam mempersiapkan sidang sarjana sejak dini     yaitu mencari kemampuan diri sendiri dalam menguasai suatu bidang materi pengajaran.     Dengan cara ini mahasiswa dalam mengerjakan tugas skripsi pun merasa terpacu dan semangat tidak merasa terpaksa
3.        Mulailah membaca. Apabila mahasiswa sudah mengetahui akan kemampuan diri sendiri       dan materi apa yang dapat menarik dirinya, maka hal yang dilakukan adalah mulai membaca berbagai materi yang terkait dengan apa yang akan di buat menjadi materi skripsi   atau sidang sarjana S1 mahasiswa tersebut, dengan membaca dan mencari  materi  sejak dini itu akan menghindarkan mahasiswa dari hal hal yang dapat merugikan seperti  begadang larut malam dalam mencari materi terkait jika mendekati hari hari sidang sarjana  S1.
4.       Motivasi. Cara ini mungkin di anggap sepele oleh beberapa mahasiswa yang akan mencapai sidang sarjana S1, akan tetapi walaupun cara ini dinilai sebelah mata sebenarnya   ini adalah cara yang berdampak sangat positif bagi pembentukan mental mahasiswa yang   akan menghadapi sidang. Dengan cara memotivasikan diri bahwa “Saya akan sukses dan     LULUS dalam sidang sarjana S1” itu dapat membentuk kepribadian dan mental yang baik     dalam menjalani rangkaian kegiatan dalam menempuh sidang sarjana S1.
5.       Lingkungan berpengaruh. Di sekeliling kita banyak sekali hal hal yang dapat membentuk pribadi yang positif maupun negatif, apalagi mahasiswa tingkat akhir semakin banyak hal    hal dari lingkungan mahasiswa yang dapat membuat mahasiswa itu terpengaruh, namun      apabila kita dapat memilah milah lingkungan mana yang dapat membawa dampak positif    dan berdampak buruk untuk kita itu dapat menghindari dari pengaruh buruk yang dapat     membuat malas dalam pengerjaan tugas penulisan skripsi. Oleh karena itu cari lah lingkungan mahasiswa yang dapat membawa anda menjadi pribadi yang lebih baik.
6.       Kenali Medan. Bergaul dengan kakak kakak kelas yang telah berhasil menghadapi skripsi dan juga sidangnya. Seperti dalam sebuah peperangan, mengatur strategi dengan melihat medan perangnya. Ya, menurut saya ini bagian yang penting juga selain motivasi karena akan lebih tenang karena kita telah mengetahui kita akan dihadapkan dengan apa saat siding skripsi

Sekian apa yang disampaikan oleh saya semoga dapat menjadi pembelajaran yang bermanfaat bagi kita yang sebentar lagi menghadapi “perang” tersebut (Sidang Skripsi).         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar